Stand Butur Dipadati Pengunjung Pada Pekan produk Unggulan Daerah Di Kendari Memperingati HUT Sultra Ke-60

Pemerintah Kabupaten Buton Utara turut ambil bagian dalam mempromosikan produk unggulannya di ajang pekan produk unggulan daerah yang diselenggarakan di lapangan Eks MTQ Kendari, berlangsung mulai 23-25 April 2024.

Kegiatan yang bertajuk Pekan Produk unggulan daerah itu melibatkan provinsi dan kabupaten/kota se-Sultra berlangsung meriah dibuka Pj. Gubernur Sultra yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Drs. La Ode Syaifuddin, M.Si.

Selesai acara pembukaan, dilanjutkan dengan mengunjungi stand pekan produk unggulan daerah masing-masing kabupaten/kota se-Sultra yang di awali dari Stand Kabupaten Buton Utara. La Ode Syaifuddin yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Butur, Dra. Hj. Muniarty M. Ridwan, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan yang juga Plt. Kadis Kominfo Butur, La Nita, S.Pd, M.M, Asisten II Setda yang juga Plt. Kadis Perindag, Sahrun Akri, S.P, M.Si dan pengunjung terkesimak dengan ragam aneka produk Unggulan Butur sekitar 30 jenis yang dipajang pada gelar Pekan Produk Unggulan kali ini.

Yang paling menarik bagi La Ode Syaifudin dan pengunjung dunia188 lainnya adalah “kain tenun Kambowa” yang dikemas dalam berbagai motif diantaranya: motif katapai, motif kasitela, motif tumpi-tumpi, motif manggrove, motif kuda laut dan bahkan tas kulit dengan berbagai motif.

Harapannya, kegiatan ini menjadi rutinitas yang dapat dinikmati seluruh masyarakat dan memberi andil dalam upaya menggerakkan potensi ekonomi kreatif daerah dalam mendorong capaian pembangunan di Provinsi Sultra. Saya sangat bangga dengan capaian para pelaku ekonomi kreatif saat ini dan terus mendorong kreatifitas dan inovasi dari para pelaku usaha komunitas ekonomi kreatif UMKM untuk terus maju demi tercapainya produk yang berkualitas dan berdaya saing bagi kemajuan bersama. Pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Butur, Dra. Hj. Muniarty M. Ridwan mengungkapkan bahwa acara ini merupakan rangkaian memperingati HUT Sultra ke-60 yang bertujuan mendorong perkembangan UMKM untuk meningkatkan kualitas produk dan menampilkan inovasi yang lebih baik sehingga mampu bersaing di pasar yang makin kompetitif.

Menurutnya, produk UMKM butur telah menembus pasar secara Nasional bahkan internasional seperti kain ekoprint sudah dipromosikan sampai di Jerman dan pada lomba motif tenun terbaik tingkat Provinsi Sultra baru-baru ini tenun Butur motif katapai menyandang sebagai juara, tutupnya.

Padatnya pengunjung di Stand Butur pada malam pembukaan gelar pekan produk unggulan daerah di Kendari Tahun 2024 turut dikomentari Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Utara, Muhammad Hardhy Muslim, SH, M.Si yang juga sambangi stand Butur.

Menurutnya, Kabupaten Buton Utara telah lama dikenal menjadi icon pengembangan produk UMKM terutama pertanian dan perikanan serta kehutanan. Ke depan diharapkan produk-produk unggulan Butur dapat di pasarkan ke luar Butur dan menjadi cindera mata bagi masyarakat Butur, pungkasnya.

Sampai dengan malam I pekan produk unggulan daerah Butur sudah banyak yang terjual diantaranya: kain tenun Kambowa dari berbagai motif, tas plastik motif kain, mete berbagai kemasan, kerajinan tangan anyaman untuk aksesoris, tas dari tempurung kelapa untuk aksesoris, sambal ikan tuna dan berbagai jenis kripik.

Leave a Reply