Rekam Jejak dan Dokumentasi di Sriwijaya Express Cargo

Rekam Jejak dan Dokumentasi di Sriwijaya Express Cargo

Rekam jejak dan dokumentasi adalah komponen penting dalam manajemen operasional dan keselamatan di sriwijayaexpresscargo. Mempertahankan rekam jejak yang akurat dan lengkap sangat penting dalam mengidentifikasi masalah, melacak perubahan, dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi penerbangan. Berikut adalah beberapa aspek penting terkait dengan rekam jejak dan dokumentasi di maskapai:

1. Rekam Jejak Operasional:

  • Sriwijaya Express Cargo harus mempertahankan catatan operasional yang mencakup detail penerbangan, catatan kru, catatan perawatan pesawat, laporan insiden, laporan perubahan operasional, dan catatan lain yang berkaitan dengan operasi sehari-hari.

2. Pemeliharaan Pesawat:

  • Catat semua pemeliharaan pesawat yang dilakukan, termasuk jitem dan pemeliharaan rutin. Catatan pemeliharaan harus mencakup detail pekerjaan yang dilakukan dan hasil inspeksi.

3. Catatan Personel:

  • Dokumentasikan pelatihan staf, kualifikasi, lisensi, dan sertifikat yang dimiliki oleh personel yang terlibat dalam operasi pesawat.

4. Insiden dan Laporan Kecelakaan:

  • Catat dan dokumentasikan semua insiden keselamatan dan kecelakaan. Laporan insiden harus mencakup detail insiden, penyebab, tindakan yang diambil, dan langkah-langkah korektif yang diusulkan.

5. Laporan Perubahan Operasional:

  • Jika ada perubahan dalam operasi maskapai, seperti perubahan rute atau perubahan dalam prosedur operasional, dokumentasikan perubahan ini bersama dengan alasan, evaluasi dampak, dan persetujuan yang diperlukan.

6. Kepatuhan Regulasi:

  • Pastikan bahwa semua dokumen yang terkait dengan kepatuhan regulasi penerbangan disimpan dengan baik, termasuk lisensi, sertifikat, izin operasi, dan lainnya.

7. Evaluasi dan Perbaikan:

  • Tinjau rekam jejak dan dokumentasi secara berkala untuk mengevaluasi efektivitas operasi dan keselamatan. Gunakan catatan ini untuk membuat perbaikan dan peningkatan.

8. Sistem Manajemen Dokumen:

  • Gunakan sistem manajemen dokumen yang baik untuk mengorganisasi dan menyimpan semua dokumen dengan aman dan mudah diakses.

9. Pelatihan dan Kesadaran:

  • Pastikan bahwa staf di semua tingkatan memahami pentingnya pemeliharaan rekam jejak dan dokumentasi yang akurat. Berikan pelatihan terkait jika diperlukan.

10. Pengamanan Data: – Pastikan bahwa data dan dokumentasi yang sensitif terlindungi dari akses yang tidak sah. Ini termasuk informasi yang berkaitan dengan keamanan penerbangan.

Penting untuk diingat bahwa rekam jejak dan dokumentasi yang akurat bukan hanya persyaratan regulasi, tetapi juga alat penting dalam manajemen operasional yang baik. Mereka membantu dalam pelaporan insiden, penyelidikan, identifikasi masalah, perbaikan, dan menjaga catatan keselamatan yang kuat. Sriwijaya Express Cargo harus berkomitmen untuk memelihara rekam jejak yang baik dalam semua aspek operasionalnya.

Leave a Reply