Daftar 5 Kulineran Rembang yang Wajib Dicoba

Kabupaten Rembang ada di ujung timur Jawa tengah. Ada di lajur Pantura, membuat Kota Rembang banyak dikitari pantai cantik.

Daerah ini mempunyai macam kulineran ciri khas. Berikut sejumlah kulineran Rembang yang wajib dicoba:

1. Sate Srepeh

Sate srepeh termasuk salah satunya kulineran ciri khas Rembang yang unik. Masalahnya kulineran ini mempunyai penampilan dan racikan yang tidak sama dengan sate ayam umumnya.

Sate srepeh mempunyai bumbu yang warna merah kekuningan, bersantan, serta lebih encer. Satai ini umumnya memakai daging ayam dan dalaman. Tetapi, ada yang memakai daging kambing atau sapi.

2. Lontong Tuyuhan

Sepintas, lontong tuyuhan serupa dengan opor ayam. Kulineran ini mempunyai kuah bumbu kuning dan ayam yang diolah bersama.

Tetapi, lontong tuyuhan dan opor mempunyai ketidaksamaan. Perbedaannya berada pada lontong yang berwujud segitiga. Disamping itu, hidangan ini condong mempunyai rasa yang pedas pada kuah santannya yang dibuat dari bumbu ciri khas, seperti kemiri, jinten, dan bawang.

Lontong tuyuhan diisi beragam isian, seperti dalaman ayam, daging ayam daerah, dan tempe yang diiris kecil-kecil. Untuk menambahkan rasa, makanan ini dihidangkan menambah bawang goreng.

3. Kelo Mrico

Kelo mrico adalah kulineran yang serupa penapelajar.com sup ikan. Hidangan ini umumnya menggunakan ikan dukang atau lebih dikenali nama ikan sembilang.

Kuah pada hidangan ini diolah memakai bumbu rempah, merica, dan cabe. Kombinasi rempah itu akan membuat cita-rasa pedas.

4. Urap Latoh

Urap latoh adalah makanan dengan bahan baku latoh, yaitu semacam rumput laut yang banyak diketemukan di wilayah pesisir. Memiliki bentuk seperti telur ikan atau umum disebutkan dengan anggur laut yang warna hijau, dengan cabang berwujud lembar, batangan, dan bulatan.

Langkah membuat urap latoh benar-benar gampang dan simpel, seperti urap umumnya. Cukup hanya membersihkan latoh tanpa diolah, selanjutnya menambahkannya dengan parutan kelapa dan sambal.

Leave a Reply