Cara Membuat Baterai dari Lemon

Baterai adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Baterai memungkinkan kita membawa dan mengoperasikan perangkat elektronik tanpa perlu repot mencari stopkontak. Baterai mampu menghasilkan listrik dengan melewatkan elektron di antara dua logam berbeda (satu bermuatan positif dan yang lainnya bermuatan negatif). Elektron menghasilkan arus saat melewati larutan mengandung molekul yang mengangkut partikel bermuatan bolak-balik antara dua logam berbeda. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana situs slot deposit 10 ribu, kamu bisa membuat baterai yang sangat simpel menggunakan dua logam berbeda dan lemon.

Membuat Baterai dengan Satu Lemon

Siapkan bahan yang dibutuhkan. Untuk membuat baterai lemon, kamu membutuhkan koin tembaga, paku galavanis, lemon (general 10 buah), pisau, dan voltmeter. Aktivitas ini sebaiknya diawasi oleh orang dewasa, terutama saat menggunakan pisau. Cuci koin tembaga dengan detergen ringan untuk memastikan permukaan koin dalam keadaan bersih.[2] Kamu bisa menggunakan jenis lemon apa saja, tetapi lemon dengan kulit lebih tipis akan menghasilkan baterai yang lebih baik.

  • Sebenarnya pelat tembaga akan bekerja lebih baik dibanding koin (jika kamu memilikinya).
  • Paku galvanis memiliki lapisan seng yang penting untuk eksperimen ini. Kamu bisa mendapatkannya di toko perkakas atau toko bahan bangunan/peralatan rumah tangga.
  • Foil aluminium bisa menggantikan paku kalau kamu kesulitan mendapatkannya.
  • Voltmeter dapat dibeli di toko perkakas atau toko bahan bangunan/peralatan rumah tangga.
  • Peras lemon tanpa memotongnya. Kamu bisa menggulirkan lemon di atas meja dengan menekannya sedikit. Langkah ini akan melepaskan jus di dalam buah lemon yang memungkinkan baterai bekerja.
    Keasaman jus lemon sangat perfect untuk reaksi kimia yang dicari dalam eksperimen khusus ini. Jus mengandung larutan molekul yang diperlukan untuk mengangkut arus listrik di antara dua ujung logam pada baterai.
  • Buatlah sayatan kecil pada kulit di bagian tengah lemon. Sayatan harus cukup dalam sehingga kamu bisa menyisipkan koin tembaga hingga setengahnya ke dalam lemon. Pengawasan orang dewasa dibutuhkan untuk langkah ini. Agar koin menancap dengan kuat pada lemon, pastikan kamu tidak membuat sayatan terlalu lebar.
  • Sisipkan koin dan paku ke dalam lemon. Koin harus menancap dengan kuat di dalam torehan yang baru saja kamu buat. Paku harus ditancapkan ke dalam lemon sekitar 2 cm dari posisi koin. Kedua benda ini akan berfungsi sebagai sebagai kutub positif dan negatif baterai.
  • Kedua logam harus dipasang saling berdekatan sehingga reaksi kimia bisa terjadi. Namun, usahakan agar koin dan paku tidak bersentuhan di dalam lemon. Jika itu terjadi, baterai tidak akan bekerja dengan benar dan kamu tidak akan mendapatkan listrik.
  • Pastikan koin dan paku dimasukkan cukup dalam ke lemon sehingga bisa mengenai jus lemon.
  • Pasang klem voltmeter pada paku dan koin. Gunakan salah satu klem voltmeter untuk menjepit paku dan klem lainnya untuk menjepit koin. Seharusnya sekarang ada sedikit peningkatan tegangan pada voltmeter. Jika voltmeter menunjukkan nilai negatif, kamu cukup menukar klem pada paku dan koin dan akan melihat voltase positif. Jika tegangan yang dihasilkan sangat rendah, cobalah memindahkan paku lebih dekat dengan koin.

Leave a Reply